Kamis, 17 November 2011

ISD bagian dari MKDU

Keterkaitan Ilmu Sosial Dasar dengan Mata Kuliah Dasar Umum untuk Mahasiswa


Tujuan diberikannya Ilmu Sosial Dasar (ISD) sebagai Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU)adalah karena untuk membantu perkembangan wawasan penalarandan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik. oleh karena itu, mahasiswa diharapkan untuk memahami dan mengamalkan ISD di manapun mereka berada.
ISD juga merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yg dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap, kepekaan, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
Satu contoh kecil saat mahasiswa psikologi diharuskan terjun langsung (survey) saat pembuatan skripsi dengan tema yang berkaitan dengan masyarakat atau perilaku manusia. Dari situ, mahasiswa bisa memahami dan tanggap akan nilai-nilai yang ada di lingkungan sekitar serta dapat meninjau perilaku-perilaku manusia secara tak langsung.

nissa irawaty
17110364
5KA26

Tidak ada komentar:

Posting Komentar