Kamis, 17 November 2011

Pendidikan, Masyarakat & Kebudayaan

Kurangnya kepedulian masyarakat pada pendidikan dan kebudayaan


Beberapa masyarakat di kalangan bawah, memandang pendidikan dan kebudayaan yang di miliki indonesia dirasa sudah tidak terlalu penting lagi saat ini. Bisa dilihat sekarang, banyak anak-anak yang sudah cukup usia untuk bersekolah, tetapi mereka malah mengamen di jalan, menjual koran atau melakukan pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh orang dewasa. Slogan Pemerintah "Wajib belajar 9 tahun" ternyata diperuntukan bagi mereka yang sanggup mengeluarkan dana lebih untuk pedidikan yang saat ini bisa dibilang sangat mahal.
Memang sekarang ini sudah ada Peraturan Pemerintah yang dikeluarkan oleh Mendiknas, bahwa biaya sekolah untuk Sekolah Dasar Negeri(SDN) dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) dibebaskan dari SPP alias gratis. Namun kenyataanya, masih ada beberapa pihak sekolah yang meminta pungutan biaya untuk beberapa alasan dan untuk kepentingan beberapa oknum.
Kebudayaan indonesia saat ini dirasa juga sudah mulai luntur akibat ketidakpedulian beberapa masyarakat dan era globalisasi yang semakin canggih. Sebab itu, setidaknya masyarakat memiliki rasa bangga terhadap kebudayaan bangsa Indonesia beragam dan unik, yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.

nissa irawaty
17110364

Tidak ada komentar:

Posting Komentar